You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sungai di Jakarta akan Dibuat Bening
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Sungai di Jakarta akan Dibuat Bening

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan beberapa sungai di Ibukota akan dibuat bening dan bersih dari sampah. Kini beberapa di antara telah bersih dan menjadi lokasi berenang oleh warga sekitar. 

Jadi nanti semua bening, orang bisa main air. Kami pakai sirkulasi kolam renang di situ. Kita mau pola kayak kolam renang

"Bagus kalau sekarang bisa buat berenang, yang penting nggak ada beling. Makanya kami mau buat yang bisa berenang seperti di Rindam, Kalijodo sama Kali Besar Barat," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (18/5). 

Salah satu sungai yang sudah dimanfaatkan sebagai arena berenang oleh warga sekitar yakni di aliran anak Sungai Ciliwung, di belakang Gedung Lindeteves Trade Centre (LTC) Glodok, Jakarta Barat. Menurut Basuki, selain dibersihkan dari sampah, air kawasan tersebut bisa bening karena Pintu Air Ciliwung Lama selalu dibuka, sehingga debit air lebih besar. 

Kali Ciliwung di Kelurahan Kwitang Dibersihkan

"Selain dibersihin sampahnya, kami mulai buka pintu Ciliwung lam. Airnya nggak lari ke Pintu Air Manggarai semua, sebagian larinya ke Istiqlal, dari Istiqlal dibagi ke Gunung sahari dan Gajah Mada-Hayam Wuruk. Di situ kami bersihin sampahnya," ucapnya.

Agar lebih aman, Basuki mengaku ke depannya akan menggunakan sistem sirkulasi seperti yang digunakan di kolam renang untuk menjaga kejernihan air. Sehingga anak-anak yang bermain di sekitar sungai lebih aman. 

"Jadi nanti semua bening, orang bisa main air. Kami pakai sirkulasi kolam renang di situ. Kita mau pola kayak kolam renang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1244 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1234 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1178 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1142 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1066 personNurito